Mengenal Budaya Korea Selatan

Dewasa ini tidak ada orang yang tidak tahu tentang Korea Selatan. Melalui kebudayaannya, Film Korea, Drama Korea, Korea Selatan mampu mendunia. Bahkan menghasilkan banyak sekali keuntungan dari yang sering disebut Hallyu. Pemerintah sangat mendukung penyebaran Budaya Korea Selatan ke seluruh penjuru dunia dan menarik banyak sekali turis masuk dan melihat Korea Selatan secara langsung.

Kita Cerdas telah merangkum hal-hal terkait Pop Culture dari Korea Selatan yang membuatnya bersinar. Mari kita simak bersama-sama.

Bendera Korea Seletan

Bendera Korea Selatan

K-Pop

Korean Pop atau yang sering disingkat menjadi K-Pop adalah jenis aliran musik yang sangat khas dari Korea. Tidak hanya dari segi musik tapi juga gaya. Keunikan musik ini membuat musik Korea gampang masuk ke negara lain. Terlebih dengan adanya Boyband dan Girlband yang memiliki basis penggemar yang luas.

Jika ditilik dari waktu penyebarannya, K-Pop hadir di seluruh dunia masih belum lama. Masih lama musik kategori J-Pop. Namun dalam satu dekade K-Pop menguasai hampir seluruh musik di Asia, khususnya untuk Jepang dan Indonesia.

Fenomena K-Pop yang paling menyolok adalah saat seorang penyanyi bernama PSY Mengguncang dunia dengan lagunya berjudul Gangnam Style. Video dari lagu ini sudah ditonton lebih dari semilyar kali mengalahkan penyanyi terkenal dari negara Barat seperti Lady Gaga, Adele dan lainnya. Karena kemampuannya ini K-Pop tidak bisa dianggap sebelah mata lagi.

K-Pop

K-Pop

K-Drama

Selain terkenal dengan musiknya, Korea Selatan terkenal dengan Dramanya. Kemampuan drama menyuguhan konflik yang unik membuat drama ini menjadi buruan banyak orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali kelompok-kelompok orang yang dengan kemampuannya membuat terjemahan dari beberapa drama yang tentu menggunakan bahasa asli. Tv Swasta lokal Indonesia bahkan menayangkan drama Korea dengan mendubbing menjadi bahasa Indonesia.

Sekitar tahun 90-an drama Korea masih kalah dengan drama dari Jepang di Indonesia namun lama-lama drama Korea justru menguasai karena basis penggemarnya yang semakin banyak. Kita harus mengakui jika kualitas drama Korea semakin hari semakin baik.

K-Drama

K-Drama

Kimchi dan Makanan Korea

Jika kita menonton drama Korea maka akan sering menemui makanan yang bernama kimchi. Kimchi adalah sejenis makanan fermentasi yang terbuat dari sawi putih yang diberi bumbu pedas dan disimpan pada sebuah guci yang dipendam dalam tanah. Jika orang Indonesia selalu ada sambal dalam setiap makanan maka orang Korea selalu menyajikan kimchi sebagai hal yang wajib ada.

Berkat tersebarnya K-pop dan K-Drama si seluruh penjuru dunia membuat kimchi dan makanan khas seperti bibimbap, topoki dan sejenisnya menjamur di berbagai belahan dunia. Makanan Korea menjadi semakin mudah di temui termasuk di Indonesia. Makanan adalah bagian dari sebuah Budaya Korea Selatan yang tak bisa dipisahkan.

Kimchi

Kimchi

Operasi Plastik dan Kecantikan

Surga operasi plastik dan kecantikan adalah Korea Selatan. Sudah tidak bisa dipungkiri jika industri kecantikan di Korea Selatan sangat terkenal. Bahan beberapa orang memilih melakukan perawatan di Korea Selatan untuk membuat wajahnya jauh lebih cantik dan tampan. Beberapa publik figur di Korea Selatan bahkan banyak yang melakukan operasi plastik untuk menunjang penampilannya.

Yang menjadikan Korea Selatan sebagai surga dari praktik operasi plastik adalah karena murah, hasil yang memuaskan serta ditangani dengan orang yang sangat ahli. Selain itu produk kosmetik juga banyak sekali yang dikeluarkan oleh pabrikan di Korea Selatan dan akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Operasi Plastik

Operasi Plastik

Golongan Darah

Golongan darah adalah hal yang dianggap penting oleh beberapa orang di Korea. Golongan darah dianggap membawa kepribadian seseorang sehingga orang dengan golongan darah tertentu akan memilih golongan darah sesuai untuk dinikahi. Beberapa hal yang membuktikan jika golongan darah sangat penting adalah munculnya drama komedi dengan judul My Boyfriend is Type B. Selain itu juga muncul komik golongan darah yang menjadi fenomena di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri juga menerjemahkan komik golongan darah dari Korea Selatan dan oleh anak muda dianggap memiliki prediski yang tepat untuk melihat kepribadian orang.

Komik Golongan Darah

Komik Golongan Darah

Add Comment