Burung Kenari Yang Indah Menawan

Burung Kenari yang dalam bahasa latinnya disebut Serinus Canaria. Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu. Kepulauan Canaria terdiri dari tujuh pulau vulkanik yang terletak di Samudra Atlantik, sebelah barat laut pesisir Afrika ( Maroko dan Sahara Barat), kepulauan ini termasuk dalam wilayah Spanyol dan merupakan salah satu komunitas otonomi negara itu. Kepulauan Canaria juga diklaim oleh Maroko.

Burung kenari pertama ditemukan oleh pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di kepulauan Canary pada abad ke-15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya.

Burung Kenari

Burung Kenari

Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis burung kenari saat ini karena kawin silang yang dilakukan para peternak kenari.

Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich, scoth fancy, bolder fancy, london fancy, yorkshire, lanchaisire, gloser, dan sebagainya.

Di Indonesia lebih di kenal dengan Kenari Fusan atau Kenari Taiwan Yorkshire dan persilangannya, karena bangsa Eropa ini membawa burung kenari berkeliling dunia sebagai burung peliharaannya hingga sampai di Indonesia, China Selatan serta India, sedangkan di Indonesia sendiri kenari ini tersebar ke daerah Jawa, Kalimantan serta Pulau Sumatera.

Ketenaran kenari membuat banyak muncul peternak-peternak burung ini, karena melihat peluang yang cukup menjanjikan dari burung kecil dengan aneka warnah yang menarik dan suara yang merdu dan indah, banyak penghobi memburunya, baik sebagai teman penghilang stress  atau teman minum kopi maupun untuk dilombakan karena saat ini lomba kicau kenari sering diadakan, terutama tingkat lokal penghobi hampir setiap hari dapat di jumpai dan tak pernah sepi.

Burung Kenari yang dilombakan umumnya berjenis jantan karena burung jantan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan burung betina. Beberapa keunggulan yang dimiliki jenis jantan adalah suara gacor lebih lantang dengan durasi ngerol panjang, bodi atau postur tubuhnya lebih gagah, burung betina yang walaupun mempunyai kicauan pendek sering sangat berguna sebagai teman berlatih atau merayu si jantan berkicau dan memperlihatkan kebolehannya dalam berkicau pada si betina.

Add Comment