Jenis Tanaman Herbal Bermanfaat

Banyak sekali jenis tanaman herbal yang ditanam sebagai bumbu masakan karena memiliki aroma yang khas, rasa yang nikmat serta kegunaan dalam hal kesehatan. Tanaman herbal biasanya digunakan dalam bentuk segar seperti daun-daunan yang berwarna hijau atau juga yang sudah dikeringkan untuk bumbu bubuk. Selain itu, hampir semua bagian dari tanaman herbal dapat dimanfaatkan mulai dari daun, akar, bunga, buah, hingga akar.

Kita Cerdas telah merangkum jenis-jenis tanaman herbal di seluruh dunia beserta manfaat yang terkandung di dalamnya. Mari kita simak bersama-sama untuk menambah wawasan kita.

Tanaman Herbal

Tanaman Herbal

Contoh-contoh tanaman herbal

Basil

Tanaman basil memiliki banyak sekali jenis, salah satu yang sering digunakan di Indonesia adalah jenis kemangi. Basil memiliki aroma yang sangat khas juga dapat mempengaruhi rasa masakan. Warna daunnya mulai dari hijau dan beberapa jenis ada yang berwarna ungu. Tanaman ini sangat sensitif dengan iklim dingin sehingga sangat baik tumbuh saat musim panas atau area tropis seperti Indonesia.

Untuk mengawetkan basil kita cukup merendam batang pada air agar daun tidak layu. Menyimpan basil dalam lemari es akan membuat warna daun berubah dan membuat aromanya juga berkurang. Untuk penggunaan jangka panjang daun basil bisa dikeringkan dan dibuat serbuk yang bisa digunakan untuk perasa sup, rebusan, daging, ikan dan juga campuran vinegar atau cuka.

Basil

Basil

Celery (Seledri)

Penggunaan daun seledri di Indonesia sudah menjadi hal yang wajar terutama untuk memasak sop, atau beberapa jenis masakan lain yang membutuhkan rasa unik seledri. Selain itu seledri juga digunakan untuk lalapan atau taburan untuk menambah rasa atau sekedar garnish pada makanan.

Selain daunnya untuk masakan, biji dari seledri juga digunakan dalam pengobatan herbal yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu biji juga diekstrak untuk diambil minyaknya untuk beberapa industri parfum.

Seledri

Seledri

Fennel (Adas)

Tanaman fennel di Indonesia lebih banyak digunakan sebagai jamu dan herbal lain untuk menyembuhkan penyakit. Namun sebenarnya ada dua jenis ada yang digunakan sebagai masakan. Jenis itu adalah adas yang memiliki umbi berwarna putih yang bisa digunakan saat memasak ikan atau daging untuk menghilangkan bau amis dan menambah rasa.

Di Spanyol, fennel digunakan dalam membuat acar dari terung yang bernama berenjena de Almagro. Banyak masyarakat India dan sekitarnya menjadikan fennel sebagai herbal wajib dalam memasak. Di Italia bahkan digunakan mentah sebagai campuran salad yang dicampur dengan avokad.

Fennel

Fennel

Lavender

Lavender dikenal sebagai bunga dengan warna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Lavender memang diekstrak diambil minyaknya untuk industri parfum. Namun bunganya juga digunakan sebagai campuran masakan dan teh dengan khasiat utama memberikan rasa nyaman dan tenang pada tubuh. Penggunaan lavender bisa dilakukan saat bunga masih segar atau dengan mengeringkan bunga dan dibuat serbuk.

Lavender

Lavender

Garlic (Bawang Putih)

Ya benar sekali, bawang putih masuk ke dalam tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanpa kita sadari kita sudah menggunakan bawang putih setiap hari sebagai bumbu masakan. Bawang putih memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah serta menjaga daya tahan tubuh. Selain itu aroma dan rasanya yang khas membuat bawang putih menjadi bumbu utama pada setiap masakan.

Garlic

Garlic

Oregano

Oregano termasuk herbal yang sangat penting untuk beberapa bumbu masakan di eropa. Daunnya yang dikeringkan digunakan untuk menambah rasa dari masakan. Penggunaan daun yang kering karena rasa dan aroma lebih muncul daripada yang masih segar. Kualitas oregano dilihat dari rasanya yang sangat kuat hingga dapat membuat lidah kepedasan. Untuk kesehatan, ekstrak daun oregano digunakan untuk menyembuhkan tenggorokan yang sakit selain itu juga berguna dalam sistem pernapasan serta menjaga daya tahan tubuh.

Oregano

Oregano

Rosemary

Kita akan jarang mendengar nama tanaman herbal rosemary karena dalam masakan Indonesia tidak pernah menggunakannya sebagai bumbu masakan atau obat. Namun di Italia, penggunaan rosemary sangat penting dalam industri kuliner. Aroma dan rasa yang sedikit pedas membuat rosemary sangat diminati oleh koki Italia. Selain itu minyak dari rosemary juga digunakan sebagai parfum untuk ruangan serta shampo. Rosemary juga mengandung banyak antioksidan untuk daya tahan tubuh, selain itu di India daun dan bunga dari rosemary digunakan untuk mengobati beberapa gangguan tubuh.

Rosemary

Rosemary

Add Comment