Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Hidup Sehat

Secara alami, tubuh kita menghasilkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap serangan dari radikal bebas dan segala penyakit, namun untuk menciptakan daya tahan tubuh yang baik kita perlu memperhatikan apa saja yang kita konsumsi, beberapa orang biasanya mengkonsumsi suplemen atau multivitamin dengan tujuan menguatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Ada beberapa makanan yang bisa kita komsumsi dan sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk hidup sehat, tanpa perlu mengkomsumsi segala yang namanya suplemen kecuali memang sangat perlu dan atas anjuran dari Dokter. Dibawah ini beberapa contoh makanan yang baik untuk kita komsumsi untuk menjaga tubuh kita tetap sehat.

Beri

Beri

 

Buah Beri

Aneka jenis buah beri seperti acai beri, stroberi, dan blueberry mengandung banyak sekali vitamin C serta E. Selain itu, buah yang cenderung memiliki rasa asam ini juga banyak mengandung antioksidan yang mampu membuat tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit dari luar.

Jamur

Jamur

Jamur

Jamur atau Pleurotus astreatus merupakan salah satu makanan istimewa, rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai makanan, dan termasuk anti oksidan jadi meningkatkan daya tahan tubuh yang baik karena kandungan vitamin B nya, berguna juga untuk melawan kolestrol jahat, bakteri, dan juga bisa mencegah kanker juga dianjurkan para penderita anemia.

 

Aneka Jeruk

Aneka Jeruk

Buah Jeruk

Semua jenis jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi jeruk dalam jumlah yang sesuai akan meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga risiko terkena pilek turun hingga 23%. Bagi yang memiliki lambung yang sensitif supaya jangan terlalu banyak karena bisa memicu sakit mag.

 

Semangka

Semangka

Semangka

Semangka yang merah banyak sekali mengandung air dan kandungan antioksidan bernama glutathione pada semangka mampu membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu semangka mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko tubuh dehidrasi

 

Kubis

Kubis

Sayur Kubis

Kubis yang berwarna hijau segar banyak sekali mengandung asam amino esensial yang bernama glutamin, Asam amino ini diproduksi secara alami oleh tubuh tapi kadang tidak mencukupi sehingga kita hanya bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi makanan tertentu seperti kubis. Saat kita mengalami kelemahan sistem kekebalan tubuh dan mengalami permasalahan sistem syarap, tubuh mengambil glutamin untuk memproduksi asam amino.

 

Teh

Teh

Teh

Teh

Satu minuman yang baik dan sudah dikenal sejak jaman dahulu adalah teh, baik teh hijau maupun teh hitam, dengan meminum teh setiap hari mampu meningkatkan daya tahan tubuh, karena kandungan Polyphenol dan Flavonoid pada teh dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan virus atau meningkatkan daya tahan tubuh, teh juga membantu mengurangi kadar lemak sehingga orang yang secara rutin minum teh mempunyai bentuk tubuh yang ideal.

 

Ubi

Ubi

Ubi Jalar

Ubi yang mempunyai warnah seperti wortel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dengan kandungan beta-karoten serta vitamin A yang membantu mengurangi penuaan dini, selain itu ubi dipercaya  mampu mengurangi risiko terhadap kanker

 

Yogurt

Yogurt

Yogurt

Yogurt dikenal rendah lemak dan sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh kita yogurt adalah produk susu hasil fermentasi. Yogurt juga mengandung vitamin D yang baik untuk kulit dan tulang. Yogurt mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan bakteri baik di dalamnya mampu mencegah pembiakan bibit penyakit sehingga tubuh tidak akan mudah diserang penyakit.

 

Jahe

Jahe

Jahe

Jahe sangat berguna dalam menghangatkan tubuh, terutama pada cuaca yang dingin. Dalam jahe mengandung anti-mikroba dan antioksidan yang ampuh untuk membantu tubuh bertahan dari segala serangan virus dari luar.

 

Garlic

Garlic

Bawang Putih

Salah satu bumbu inti masakan yang sering kita gunakan yaitu bawang putih, banyak sekali manfaat selain untuk membuat masakan jadi lebih nikmat, mengkonsumsi secara rutin dengan takaran yang tepat dapat melancarkan peredaran dalam tubuh, menurunkan tekanan darah/hipertensi, kanker, anti radang, anti bakteri mengatasi gangguan tenggorokan, dan masih banyak lagi manfaat dari bawang putih ini, dalam memakai bawang putih sebaiknya dihancurkan dan biarkan sekitar limabelas menit    baru dipakai sebab zat Allicin yang dikandungnya harus bereaksi dengan oksigen baru bisa bermanfaat.

Add Comment