Hewan-Hewan Mengejutkan Karena Listriknya

Hewan-hewan mengejutkan yang mampu mengeluarkan listrik, mungkin banyak diantara kita akan menyatakan Belut Listrik yang sudah terkenal itu, namun masih banyak hewan listrik atau binatang yang mempunyai kemampuan yang dapat menghasilkan listrik dari tubuhnya, yang berfungsi sebagai alat mendeteksi, perlindungan atau melumpuhkan mangsanya. Dibawah ini ada beberapa contoh diantaranya:

Belut Listrik

Meskipun disebut belut listrik, sebenarnya mereka bukanlah belut, melainkan masih satu kerabat dekat dengan jenis ikan lele (catfish). Di alam liar, belut listrik dapat ditemukan di sungai Amazon dan juga disekitar daerah aliran sungai (DAS) sungai Orinoco yang terletak di Amerika Selatan. Belut listrik merupakan jenis ikan air tawar.  Seekor belut listrik dewasa dapat memiliki ukuran hingga 2 meter panjangnya dan 22 kilogram beratnya.

Seekor belut listrik dewasa mampu melepaskan kejutan listrik hingga bertegangan 600 volt. Kematian manusia karena serangan belut listrik tergolong langka, walaupun pernah terjadi. Yang harus diingat dan diwaspadai bahwa kekuatan kejutan seokor belut listrik dapat membuat manusia mengalami gagal nafas dan gagal jantung. Dari kasus-kasus yang pernah terjadi sebelumnya, korban pingsan dan akhirnya tewas tenggelam.

Selain digunakan untuk pertahanan diri, kemampuan ini juga digunakan untuk menyerang mangsa dan juga sebagai media komunikasi antar belut listrik.

Belut Listrik

Belut Listrik

Ikan Hidung Gajah

Ikan ini ditemukan di Afrika bagian barat dan tengah. Hidung dari ikan ini sebenarnya adalah perpanjangan dari dagu, yang memanjang terlihat seolah-olah seperti belalai gajah. Ikan ini dapat hidup di lingkuangan air yang gelap dan sangat pekat kandungan tanahnya. Karena kondisi lingkungan hidupnya tersebut, ikan hidung gajah memiliki indra penglihatan yang lemah, akan tetapi ia dapat dengan mudah mencari makan dan bernavigasi dengan kemampuan listriknya.

Kemampuan listrik ikan hidung gajah sangatlah unik dan luar biasa, selain menghasilkan listrik, mereka juga dapat menangkap dan mendeteksi kembali medan listrik yang mereka hasilkan, kombinasi ini menghasilkan kemampuan semacam radar. Secara ilmiah “hidung gajah” yang dimiliki ikan ini disebut Schnauzenorgan, organ ini sangatlah sensitif. Dengan bantuan organ tersebut, ikan hidung gajah dapat membedakan antara mangsa hidup atau mati yang bahkan terpendam 2 centimeter di dalam tanah. Mereka juga dapat menggunakan organ Schnauzenorgan ini untuk menentukan jarak dan membedakan berbagai jenis materi, bentuk serta ukuran objek-objek yang ada sekitar mereka, benar-benar mengagumkan!

Ikan Hidung Gajah

Ikan Hidung Gajah

Ikan Pari Elektrik

Semua jenis ikan pari dan hiu memiliki kemampuan untuk medeteksi medan listrik. Ikan pari elektrik, tidak hanya dapat mendeteksi medan listrik, melainkan juga dapat menghasilkan listrik melalui sebuah organ berbentuk seperti ginjal yang ada pada ikan pari elektrik. Mereka menghasilkan listrik utamanya sebagai bentuk perlindungan diri. Jika ada predator yang coba-coba mendekat, di saat itulah ikan pari elektrik akan mengejutkan listriknya. Mereka dapat mengontrol kekuatan kejutan listriknya, mulai dari kejutan kecil hingga kejutan yang cukup besar yang dapat menyebabkan manusia pingsan. Walapun jarang, para peniliti sempat menyaksikan bahwa mereka juga menggunakan kemampuan kejutan listrik ini untuk melumpuhkan mangsa, mencari pasangan, hingga komunikasi dengan sesama ikan pari listrik.

Ikan Pari Listrik

Ikan pari listrik

Ekidna

Ekidna (bahasi Inggris: Echidna) atau babi duri hanya dapat ditemukan di Australia dan Papua. Ekidna dikenal karena keunikannya sebagai salah satu dari sedikit binatang mamalia yang bereproduksi dengan cara bertelur. Namun tidak banyak orang awam yang tau kalau mereka juga memiliki kemampuan medeteksi medan listrik. Kemampuan ini semata-mata digunakan untuk mencari makanan. Dengan medeteksi medan listrik yang dihasilkan oleh mangsanya (serangga dan cacing), mereka dapat dengan mudah menemukan mangsa di dalam air atau di dalam tanah, sekalipun dalam gelap gulita.

Hewan Listrik Echidnas

Hewan Listrik Echidnas

One Response

  1. hendi kusrianto September 24, 2016

Add Comment