Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mensejahterakan manusia disebut sumber daya alam yang sering disingkat SDA. Baik yang terdapat didalam tanah, dipermukaan tanah, di udara maupun di air, mis: air, tumbuhan, matahari, hewan, angin, barang tambang dan lain-lainnya.

Golongan Sumber Daya Alam

Yang terbagi dalam dua golongan komponen yaitu. Sumber daya alam hayati (biotik) atau berasal dari makluk hidup cotoh: hewan, tumbuhan, dan mikro organisme. Sumber daya alam non hayati (abiotik) atau benda mati contoh: minyak bumi, gas alam, berbagai jenis barang tambang, air, dan tanah.

Alam Indonesia yang kaya

Alam Indonesia yang kaya

SDA mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata disemua negara. Seperti Indonesia, Canada, Amerika, Australia, Brasil, Kongo, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam biotik atau abiotik yang sangat berlimpah, seperti Mis: negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi.

Dengan adanya kemajuan peradaban dan populasi manusia, kemajuan teknologi serta berkembangnya industri telah membawa manusia pada era eksploitasi SDA secara besar-besaran, sehingga persediaan sumber daya alam terus berkurang dan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang parah yang memberi dampak sering terjadinya bencana alam seperti banjir, pemanasan global karena pohon-pohon dihutan banyak ditebang tanpa melakukan perencanaan reboisasi yang baik, akan tetapi kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut.

Berdasarkan sifatnya sumber daya alam dapat digolongkan menjadi, sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam tak dapat diperbaharui.

SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan.

Misalnya: tumbuhan, hewan, hasil hutan, ikan dan air. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan.

SDA yang tak dapat diperbaharui adalah yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis.

Misalnya: minyak bumi, emas, besi, batu bara, timah dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas, minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, karena perubahan tekanan dan suhu panas selama jutaan tahun ini kemudian mengubah materi dan senyawa organik tersebut menjadi berbagai jenis bahan tambang.

Beberapa SDA yang tidak terbatas jumlahnya, dan belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh manusia karena masalah teknologi dan biaya yang masih dianggap kurang ekonomis. Contoh : sinar matahari, arus air laut, udara atau angin.

Tambang Terbuka

Tambang terbuka

Berdasarkan penggunaan

SDA penghasil bahan baku, adalah sumber daya alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain sehingga nilai gunanya akan menjadi lebih tinggi.

Contoh: hasil hutan, barang tambang, hasil pertanian.

SDA penghasil energi, adalah sumber daya alam yang dapat digunakan untuk memproduksi energi.

Contoh: minyak bumi, panas bumi, batu bara, gas bumi, ombak, air sungai, sinar matahari.

Tambang kapur

Tambang kapur

No Responses

Add Comment