Gunung-Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Gunung pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan bukit, tetapi bukit di suatu tempat bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang disebut gunung di tempat yang lain.

Menurut Encyclopædia Britannica, puncak yang memiliki ketinggian 2000 kaki atau 610 m baru bisa didefinisikan sebagai gunung. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), gunung adalah bukit yang sangat besar dan tinggi biasanya tingginya lebih dari 600 m.

Indonesia sendiri memiliki banyak gunung yang tersebar dari pulau Papua, pulau Sulawesi, pulau Kalimantan, pulau Jawa maupun pulau Sumatera. Berikut ini telah kami rangkum 10 gunung-gunung tertinggi di Indonesia yang wajib kamu ketahui.

Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya

Puncak Jaya

Puncak Jaya, yang dulunya disebut dengan Piramida Carstenz, memiliki tinggi sekitar 4,884 meter di atas permukaan laut. Ia merupakan bagian dari gunung Jayawijaya (Gunung Carstensz) dan merupakan puncak yang tertinggi di gunung tersebut. Gunung Jayawijaya sendiri adalah gunung yang paling tinggi di Indonesia. Ia terletak di Taman Nasional Lorentz, Papua Barat.

Taman Nasional Lorentz sendiri merupakan taman nasional terluas di benua Asia Tenggara dan telah resmi menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak tahun 1999.

Puncak Jaya juga termasuk puncak tertinggi di benua Oceania dan masuk ke dalam 7 puncak tertinggi yang ada di 7 benua atau sering disebut Seven Summits. Di puncak gunung tersebut terselimuti salju yang merupakan atraksi utama dari para pendaki.

2. Puncak Mandala

Puncak Mandala

Puncak gunung Mandala menempati urutan ke-dua dengan tingginya yang mencapai 4,760 m. Puncak ini juga dulunya memiliki glasier, namun seiring berjalannya waktu dan karena pengaruh pemanasan global, es di atasnya mencair.

Puncak ini juga berada di Provinsi Papua dan pada masa penjajahan Belanda, ia lebih dikenal sebagai Julianatop atau Puncak Juliana.

Orang-orang yang berhasil mendaki puncak ini untuk pertama kalinya adalah: Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn dan Piet ter Laa (Tahun 1959)

3. Puncak Trikora (Wilhelmina Peak)

Puncak Trikora

Di urutan ke tiga ada Puncak Trikora yang juga masih berlokasi di daerah Papua. Puncak yang sebelumnya dinamakan Gunung Wilhelmina, ini memiliki ketinggian 4,750 m di atas permukaan laut.

Orang-orang yang pertama berhasil mendaki puncak ini adalah Franssen Herderschee, Hubrecht and Versteeg di tahun 1913.

4. Ngga Pilimsit (Mount Idenberg)

Ngga Pilimsit

Ngga Pilimsit, atau yang juga dikenal sebagai Gunung Idenberg ini juga berlokasi di Papua. Ia berada di urutan ke empat dengan tinggi sekitar 4.717 m.

Orang-orang yang pertama berhasil mendaki puncak ini adalah Heinrich Harrer and Philip Temple pada tahun 1962.

5. Gunung Kerinci (Puncak Indrapura)

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci menempati urutan ke lima dengan tinggi sekitar 3,805 m. Puncak tertinggi di gunung ini bernama Puncak Indrapura. Gunung ini merupakan gunung api yang masih aktif dan terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat, yang merupakan rumah bagi harimau dan badak Sumatera.

Orang-orang yang pertama berhasil mendaki puncak ini adalah Arend Ludolf van Hasselt dan Daniël David Veth di tahun 1877.

6. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menempati urutan selanjutnya dengan ketinggian sekitar 3,726 m. Berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ia merupakan jenis gunung api tertinggi kedua di Indonesia yang masih aktif.

Track menuju puncak Rinjani terkenal sulit. Banyak dari pendaki gunung yang hilang atau bahkan mengalami kecelakaan fatal saat mendaki gunung ini.

7. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru, atau juga dikenal sebagai Mahameru, dipercaya oleh penganut agama Hindu sebagai tempat tinggal para dewa. Dengan tinggi hingga mencapai 3,676m, ia merupakan puncak gunung api tertinggi yang terletak di pulau Jawa, tepatnya di Taman Nasional Bromo Tengger di Jawa Timur.

Stratovolcanonya terdiri dari lapisan-lapisan lava dan abu. Gunung ini merupakan inspirasi dari banyak kisah dan legenda wayang. Menurut salah satu legenda, dewa di agama Hindu memindahkan gunung semeru dari Himalaya ke pulau Jawa.

8. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar

Gunung yang jarang diketahui banyak orang ini memiliki ketinggian sekitar 3,492 m. ia terletak di Nusa Tenggara Barat dan kurang banyak didatangi pendaki karena kalah populer dengan gunung lainnya di lokasi tersebut, Gunung Rinjani dan Tambora.

9. Gunung Rantemario

Gunung Rantemario

Berlokasi di kawasan Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan, Rantemario menempati urutan selanjutnya dengan ketinggian 3,478 m. Ia memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh kawasan hutan yang asri. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di pulau Sulawesi.

10. Gunung Slamet

Gunung Slamet

Berlokasi di Jawa Tengah, Gunung Slamet menempati urutan terakhir dari keseluruhan daftar gunung tertinggi di Indonesia. Stratovolcano ini memiliki tinggi sekitar 3,428m dan merupakan salah satu gunung api yang masih aktif hingga kini. Erupsi terakhir yang dialami gunung ini terjadi pada tahun 2014. Gunung ini memiliki 4 kawah di puncaknya.

Apakah informasi di atas memberikan pengetahuan yang berguna untuk kamu? Tinggalkan pertanyaan dan pesanmu di kolom komentar, serta jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada teman-temanmu, ya!

No Responses

Add Comment