Daftar Hewan Terbesar di Dunia

Pernahkan kamu bertanya-tanya hewan apa yang paling besar di dunia? Apakah itu badak? Gajah? Atau mungkin kamu bertanya-tanya hewan apa yang paling tinggi dan berat di dunia?

Hewan terbesar yang ada di bumi dapat ditentukan berdasarkan ukurannya, panjangnya, tingginya, massanya atau bahkan ukuran genomnya.

Di antara organisme hewan, spesies terbesar kebanyakan merupakan mamalia laut, khususnya paus. Hewan terbesar yang hidup di darat juga didominasi oleh mamalia.

Sering kita mendengar binatang atau hewan terbesar di dunia yang ditemukan, di alam bebas masih terdapat banyak binatang atau hewan yang mempunyai ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan hewan lainnya di sekitar mereka.

Tim kitacerdas telah menyiapkan daftar hewan-hewan terbesar di dunia berdasarkan klasifikasinya di bawah ini.

Paus Biru Merupakan Hewan Terbesar di Dunia

hewan terbesar di dunia
Meskipun bertubuh paling besar di lautan, paus biru hanya memangsa organisme kecil

Paus Biru, yang memiliki nama latin Balaenoptera musculus, dinobatkan menjadi hewan yang paling besar di dunia. Tidak ada hewan atau makhluk jenis lain yang menandingi kebesaran mamalia laut ini. Paus ini memiliki panjang paling tidak 30 meter dan berat 180 ton. Berat lidah paus biru bahkan lebih besar dari gajah, yaitu sekitar panjang 2,7 ton, sedangkan gajah asia yang terbesar hanya memiliki berat 600 kg. Anggota dari infra ordo Cetacea ini diestimasikan memiliki berat keseluruhan sebesar 250 ton.

Paus biru hanya memangsa beberapa hewan khusus seperti udang yang bernama Krill. Pada masa makan di musim panas, dalam sehari seekor paus biru dapat memangsa sekitar 3,6 ton makanan. Atau dapat diperkirakan ada sekitar 40 juta Krill yang dimakan perharinya.

Gajah Afrika Merupakan Hewan Paling Besar Yang Hidup di Daratan

hewan terbesar di dunia
Gajah dapat mengenali spesies berbeda melalui kupingnya

Gajah Afrika, atau biasa dikenal dengan sebutan The African bush elephant (Loxodonta africana), adalah hewan paling besar di daratan. Sesuai dengan namanya, ia memiliki habitat di daerah sub-sahara Afrika. Hewan yang berasal dari ordo Proboscidea ini memiliki tinggi 6-7,5 meter dan berat mencapai 6,5 ton untuk pejantannya. Sedangkan untuk betina, bisa mencapai tinggi 5,5-6,9 meter dengan berat hingga 3 ton. Saat baru lahir ia sudah berbobot 100 kg.

Gajah afrika terbesar yang pernah tercatat hidup pada tahun 1974 di Angola. Gajah jantan tersebut memiliki panjang 10.67 meter dari gading hingga ekornya dan berbobot hingga 12.25 ton.Karena ukuran dan kekuatannya, hewan ini tidak memiliki predator alami tapi gajah yang masih kecil biasanya menjadi incaran singa, buaya ataupun macan kumbang.

Gajah Laut Adalah Hewan Karnivora Terbesar di Dunia

hewan terbesar di dunia
Bayi gajah laut dapat langsung bertambah berat setelah menyusui karena susu gajah laut mengandung banyak lemak

Gajah Laut, atau biasa dikenal dengan sebutan elephant seal, adalah hewan pemakan daging (karnivora)  terbesar di dunia yang masih hidup sampai sekarang ini. Gajah laut memiliki perbedaan yang besar antara jantan dan betina. Sang jantan bisa memiliki besar 5-6 kali melebihi dari betinanya. Rata-rata seekor betina dari gajah laut memiliki berat 400-900 kg dengan panjang tubuh 2.6-3 meter. Sedangkan pejantan gajah laut bisa memiliki berat 2,2-4 ton dengan panjang bisa mencapai 5,8 meter.

Rekor jantan terbesar yang pernah tercatat ditemukan di Possession Bay, Amerika Serikat, yang memiliki berat 5 ton dan panjang nyaris 7 meter. Mamalia ini mencari makan dengan menyelam ke dalam laut. Sekali selam bisa memakan waktu 20 menit pada kedalaman hingga 1000 meter.

 Buaya Air Asin Merupakan Reptil Terbesar di Dunia

hewan terbesar di dunia
Hewan karnivora ini mampu hidup selama 70 tahun, loh!

Buaya air asin atau yang memiliki nama latin Crocodylus porosus adalah reptil paling besar di dunia saat ini. Buaya ini ditemukan di bagian selatan Australia sampai Asia Tenggara dan di pesisir timur India. Buaya air asin jantan dewasa memiliki berat antara 400-1000 kg dan dengan panjang antara 4-5.5 meter. Buaya air asin adalah predator besar yang memiliki kemampuan memangsa hewan apa saja yang mendekat ke wilayah kekuasaannya, baik di daratan atau di dalam air asin.

Kapibara Merupakan Pengerat Terbesar di Dunia

Binatang pengerat yang paling besar di dunia ini adalah Kapibara. Hewan asli daerah yang memiliki iklim tropis dan banyak ditemukan di Amerika Selatan hingga sampai pegunungan Andes. Kapibara dewasa dengan tumbuh sempurna bisa mencapai panjang hingga 1,5 meter dan berat 105 kg. Kapibara selalu hidup dengan berkelompok, kelompok kecil terdiri hingga 20 Kapibara dan kelompok besar hingga 100 Kapibara.

Anakonda Hijau Adalah Ular Terbesar di Dunia

Kamu pasti pernah melihat film tentang anakonda bukan? Tubuhnya yang amat besar merupakan pembeda dari ular jenis lainnya. Di film ia bahkan digambarkan mampu menelan manusia dewasa secara utuh. Wah, ngeri sekali ya?

Kategori reptil terbesar di dunia jatuh kepada jenis Anakonda Hijau. Hewan yang memiliki nama latin Eunectes murinus ini hidup di sekitar sungai di hutan hujan tropis, khususnya di Amerika Latin. Panjang maksimum ular ini bisa mencapai 7,5 meter dengan berat mencapai 250 kg.

 Burung Unta Merupakan Burung Terbesar di Dunia

hewan terbesar di dunia
Burung unta akan menyembunyikan kepalanya di dalam lubang bawah tanah saat merasa takut

Unggas atau burung terbesar di dunia adalah burung unta atau Struthio camelus yang berasal dari daratan Afrika dan Arab. Burung unta jantan dewasa bisa memiliki ketinggian mencapai 2,8 meter dengan berat mencapai 156 kg. Telur dari burung unta bisa memiliki berat hingga 1,3 kg dan merupakan telur terbesar di dunia. Burung unta juga dikenal memiliki kecepatan dalam berlari. Mereka dapat berlari hingga 97,5 km/jam dan membuatnya menjadi burung tercepat di dunia.

Jerapa Merupakan Binatang Paling Tinggi di Seluruh Daratan

hewan terbesar di dunia
Leher jerapah yang membuatnya jadi makhluk tertinggi di dunia itu ternyata terlalu pendek untuknya menyentuh tanah

Jerapah adalah satu-satunya hewan tertinggi di daratan yang hingga kini masih hidup. Mamalia ini memiliki tinggi hingga 6 meter dengan berat mencapai 1,6 ton untuk jantan dan 850 kg untuk jerapah betina. Jerapah sangat mudah dikenali karena memiliki leher yang sangat panjang. Bahkan seekor jerapah bisa memiliki leher hingga lebih dari 2 meter.

Apakah informasi di atas memberikan pengetahuan yang berguna untuk kamu? Tinggalkan pertanyaan dan pesanmu di kolom komentar, serta jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada teman-temanmu, ya!

Add Comment