Apa Itu Kanker

Banyak orang setuju jika mencegah lebih baik daripada mengobati. Mencegah sebuah penyakit yang datang ke tubuh kita jauh lebih dianjurkan daripada mengobatinya. Alasan yang mendasari pepatah itu adalah tidak semua penyakit sembuh dengan cepat, bahkan ada yang tidak bisa disembuhkan dengan sempurna. Beberapa di antara penyakit itu ada kanker. Penyakit yang menjadi momok bagi sebagian besar orang. Karena begitu mendengar kata kanker yang ada di benak kita adalah penyakit ganas, kemungkinan hidup kecil dan biaya yang banyak untuk menyembuhkannya. Kita akan mencoba membahas secara sederhana hal-hal terkait penyebab-penyebab kanker, mulai dari apa sebenarnya kanker itu, gejala, dan jenisnya. Mari kita simak bersama-sama agar kita memiliki sedikit pengetahuan dari penyakit yang mematikan ini.

sel-kanker-paru-paru

Apa itu Kanker?

Kita sering mendengar kanker dan berbagai jenisnya. Tapi apa sebenarnya kanker itu? Apakah sama dengan tumor?Kanker seringkali disebut sebagai tumor ganas, tapi tidak semua tumor adalah kanker. Kanker adalah kelompok penyakit yang disebabkan pertumbuhan sel abnormal pada bagian tubuh dan  bisa berkembang dengan cepat. Sel-sel yang tumbuh ini dapat menyebar keseluruh tubuh pada akhirnya menyerang dan mematikan sel yang ditumpanginya, pada akhirnya kanker akan menyebar dengan cepat ke organ-organ lain di sekitar tempat dia muncul.

Pertumbuhan dan perkembangan sel yang abnormal ini menyebabkan kerusakan DNA. Kondisi ini membuat sebuah sel kehilangan fungsi aslinya dan akhirnya rusak pada siklus hidupnya. Sel sama halnya makhluk hidup yang memiliki siklus hidup hingga akhirnya mati.

Sifat-Sifat Kanker

  • Satu ciri utama dari sel kanker adalah kemampuannya untuk membelah diri dengan sangat cepat dan tidak dapat dikendalikan oleh tubuh, kecuali mendapatkan perawatan. Jika pada sel normal sel akan mati dengan sendirinya, maka pada sel kanker tidak. Sel ini tidak akan mati dan terus membelah serta mengalami mutasi pada DNA hingga sampai ke kromosom.
  • Sel-sel yang mengalami mutasi dan menjadi sel kanker akan mengalami perubahan pada mekanisme komunikasinya. Sebagai info, setiap sel dapat berkomunikasi dengan baik melalui sinyal kimia. Sel kanker akan kehilangan kepekaan meski mendapat sinyal berhenti tumbuh agar tidak mengganggu sel lain.
  • Sel-Sel kanker kehilangan molekul adhesi yang membuat mereka akan selalu terikat di sel yang berdekatan. Beberapa jenis sel kanker justru mampu menyebar ke area lain melalui pembuluh darah atau cairan getah bening.
  • Sel kanker tidak berkembang menjadi sel baru yang terspesialisasi. Sel ini terus berkembang biak atau mereplika berkali-kali dalam jangka waktu yang lama hingga akhirnya menyebar ke seluruh tubuh dengan sangat cepat.

Penyebab Kanker

Banyak hal yang dapat menyebabkan sel kanker muncul dan akhirnya menyebar dengan cepat dan menginfeksi sel lain. Beberapa dari penyebab kanker antara lain:

  • Kebiasaan Buruk. Dalam hal ini adalah kebiasaan seperti merokok, terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dan menggunakan obat-obatan terlarang. Seperti yang kita tahu jika bahan-bahan itu banyak sekali mengandung zat kimia yang bisa jadi dapat memutasi beberapa sel tubuh menjadi sel kanker.
  • Lokasi Tempat. Tinggal. Orang yang tinggal di perkotaan dengan tingkat polusi yang sangat tinggi akan memiliki peluang yang lebih besar terjangkit kanker. Suhu, air, udara dan segala faktor sangat berpengaruh pada kesehatan kita.
  • Makanan. Makan terlalu banyak makanan berlemak akan membuat tubuh menyimpan banyak lemak dan akhirnya resiko sel terkena kanker jadi besar. Seorang yang berbadan ideal akan memiliki risiko kecil terkena kanker.
  • Kurang Olahraga. Dengan berolahraga maka daya tahan tubuh akan terjaga dengan baik. Jika ada sel asing akan segera dihancurkan sehingga kemungkinan sel bermutasi jadi kanker akan mengecil.

Jenis-Jenis Kanker

  • Carcinoma. Kanker yang penyebarannya dimulai dari jaringan terluar tubuh seperti kulit.
  • Sarcoma. Kanker yang penyebarannya dimulai dari tulang, lemak, otot, pembuluh darah, atau jaringan-jaringan penghubung.
  • Leukemia. Kanker yang penyebarannya dimulai dari jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang belakang.
  • Lymphoma dan myeloma. Sel kanker yang permulaannya berasal dari sel sistem kekebalan tubuh.
  • Central Nervous System Cancers. Kanker yang penyebarannya dimulai dari otak.

Add Comment