10 Fakta Menarik Kupu-kupu

Kupu-kupu merupakan salah satu hewan yang paling dikagumi akan kecantikannya. Beragam motif sayapnya membuat kupu-kupu sangat dikagumi. Sebagian orang bahkan mengoleksinya dalam bentuk yang sudah diawetkan. KitaCerdas telah merangkum beberapa fakta yang menarik dari kupu-kupu yang wajib diketahui untuk menambah wawasan kita.

Kupu-kupu yang sedang menghisap nektar bunga

Kupu-kupu yang sedang menghisap nektar bunga

1. Metamorfosis sempurna

Sebagain besar dari kita mungkin sudah tahu jika kupu-kupu mengalami daur hidup yang disebut metamorfosis. Setiap fase selalu menghasilkan wujud yang berbeda. Dimulai dari fase berwujud telur, lalu menetas menjadi ulat dan memakan daun-daun yang berada di sekitarnya. Setelah itu ulat akan berbuah jadi krisalid atau yang sering kita sebut kepompong. Tahukah kita jika saat fase kepompong, calon kupu-kupu akan puasa selama beberapa minggu? Lantas jika waktunya tiba, kupu-kupu akan memecah kulit kepompong dan mulai belajar terbang. Saat fase ini kupu-kupu akan mencari pasangan dan akhirnya bertelur dan berlanjut siklus metamorfosisnya.

Proses Metamorforsis Sempurna Kupu-Kupu

Proses Metamorforsis Sempurna Kupu-Kupu

2. Kupu-kupu dan Ngengat itu berbeda

Sering kita menjumpai serangga yang mirip dengan kupu-kupu. Sama-sama memiliki sayap dan antena. Tetapi yang kita lihat sesungguhnya adalah ngengat, atau yang dalam Bahasa Inggris disebut moth. Kupu-kupu masih satu ordo dengan ngengat, akan tetapi berbeda family.

Perbedaan mendasar antara kupu-kupu dan ngengat bisa dilihat dari sayap. Kupu-kupu memiliki sayap yang lebih cerah, sedangkan ngengat lebih gelap. Abdomen atau perut kupu-kupu lebih ramping dan panjang dari ngengat yang lebih besar dan pendek. Hal lain yang memudahkan membedakan ngengat dan kupu-kupu adalah waktu keluarnya. Kupu-kupu suka sinar matahari sedang ngengat suka hidup di malam hari. Terakhir, saat fase ulat, rambut dari ulat kupu-kupu lebih kasar bahkan mirip jarum kecil sedang ulat ngengat lebih halus tapi jika mengenai tangan lebih gatal.

 

Perbandingan Anatara Kupu-Kupu dan Ngengat

Perbandingan Anatara Kupu-Kupu dan Ngengat

 

3. Spesies kupu-kupu ada sekitar 20.000 jenis!

Ada sekitar 20.000 jenis kupu-kupu yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia ada sekitar 2500 jenis kupu-kupu, terpaut sedikit dari Brasil yang memiliki keragaman kupu-kupu sekitar 3000 jenis. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu surga untuk pencinta kupu-kupu.

4. Sayap transparan

Kupu-kupu dikagumi karena keindahan sayapnya yang beraneka ragam. Kita perlu tahu jika sayap kupu-kupu itu sebenarnya transparan. Sayap dari kupu-kupu terbentuk dari kumpulan lapisan yang disebut chitin. Chitin membentuk kerangka sayap dan lapisan tipis sayap. Selanjutnya permukaan transparan ini akan ditutup oleh ribuan sisik kecil. Sisik inilah yang membentuk pola warna pada sayap kupu-kupu, terlebih saat terkena pantulan cahaya matahari.

Kupu-Kupu Bersayap Transparan

Kupu-Kupu Bersayap Transparan

5. Merasakan dengan kaki

Kaki pada kupu-kupu digunakan untuk merasakan. Kupu-kupu menggunakannya untuk menemukan tempat mencari makan dan pohon inang untuk meletakkan telurnya kelak. Kaki pada kupu-kupu akan menggesek-gesek daun atau batang tanaman agar sarinya keluar. Setelah itu organ chemoreceptor yang ada pada kaki belakang akan mendeteksi apakah pohon ini cocok untuk ditempati telur atau tidak. Hal inilah yang membuat kita sering melihat ulat yang sama pada pohon tertentu.

6. Hidup hanya dengan menghisap cairan

Bentuk mulut kupu-kupu dewasa memanjang seperti sedotan yang disebut proboscis (semacam belalai). Hal inilah yang mengakibatkan kupu-kupu hanya bisa makan cairan dari bunga dan tidak bisa mengunyah sesuatu yang padat seperti daun waktu fase ulat.

Proboscis (Belalai) dari kupu-kupu

Proboscis (Belalai) dari kupu-kupu

7. Tidak bisa terbang jika kedinginan!

Pada suhu di bawah 12º C kupu-kupu tidak akan bisa terbang. Kupu-kupu adalah jenis hewan dengan darah yang mudah membeku, selain itu kupu-kupu juga tidak mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri. Saat udara sangat dingin maka tubuh kupu-kupu akan terpengaruh sehingga hilanglah kemampuan terbang untuk mencari makan atau menghindar dari predatornya.

8. Waktu hidup yang pendek

Sebagian besar kupu-kupu hanya hidup selama 2-4 minggu saja. Setelah keluar dari kepompong kupu-kupu hanya punya dua tugas dari hidupnya. Pertama mencari makan dan kedua adalah mencari pasangan untuk melangsungkan perkawinan. Setelah kupu-kupu melaksanakan tugasnya kupu-kupu akan mati dengan sendirinya.

9. Kupu-kupu terbesar di dunia!

Sampai saat ini rekor kupu-kupu terbesar di dunia dipegang oleh Queen Alexandra’s birdwing (Ornithoptera alexandrae). Kupu-kupu yang ditemukan di Papua Nugini ini memiliki lebar bentangan sayap hingga 25 cm.

Queen Alexandra's birdwing

Kupu Kupu Queen Alexandra’s birdwing

10. Kupu-kupu endemis dan langka

Beberapa kupu-kupu di dunia dianggap langka karena populasinya tinggal sedikit. Perdagangan kupu-kupu jenis tersebut adalah tindakan melanggar hukum. Di Indonesia ada beberapa kupu-kupu endemis yang dianggap langka, beberapa di antaranya adalah Ornithoptera chimaera (Kupu Sayap Burung Peri atau Chimaera Birdwing) ditemukan di Papua, dan Trogonoptera brookiana (Kupu Trogon atau Rajah Brooke’s Birdwing) ditemukan di Kalimantan, Sumatra, dan semenanjung Malaya.

 

Add Comment