Beberapa Tumbuhan Karnivora yang Mengagumkan

Kita sering mendengar hewan pemakan daging atau disebut hewan/binatang karnivora, dalam alam kita bisa juga menjumpai tumbuhan atau tanaman yang untuk tumbuh dan berkembang biak dengan mengkomsumsi hewan kecil atau serangga atau ada yang menyebut tumbuhan pemakan serangga. Dibawah ini ada beberapa contoh tumbuhan karnivora yang mengagumkan itu.

Contoh Tumbuhan pemakan serangga.

1.Kantung Semar (Nepenthes)

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak keragaman kantung semar. Karena hutan tropis yang masih tersebar luas di Sumatra dan Kalimantan menjadi salah satu habitat alami dari tumbuhan yang memiliki kantung pada ujung daun, penangkapan mangsa yang dilakukan kantung semar adalah dengan menarik serangga masuk ke dalam kantung yang berisi cairan, kemudian cairan ini membuat serangga tenggelam dan tidak dapat menyelamatkan diri akhirnya mati, dalam beberapa hari serangga akan hancur dan kandungan nutrisi serangga akan diserap secara perlahan-lahan.

Kantung semar mempunyai bentuk yang unik sehingga banyak yang membudidayakan sebagaio tanaman hias. Di alam bebas terdapat sekitar 130 jenis tanaman kantung semar, ini belum termasuk dengan jenis-jenis hasil persilangan dari beberapa kolektor. Dengan warnah yang menarik serta ukuran yang lebih kecil, maka kantung semar lebih bernilai tinggi.

Kantung Semar

Kantung Semar 

2. Tanaman Venus (Dionaea Muscipula)

Tanaman Venus biasanya memiliki daun sekitar 4-7 helai dari batang yang berada di dalam tanah, daun yang berbentuk seperti engsel dan berduri halus inilah yang berguna untuk menangkap serangga jenis lalat atau kelabang, daun pada tanaman Venus memiliki beberapa bagian. Di antaranya bagian bawah yang hijau untuk fotosintesis dan bagian atas untuk mencari makan, terdapat pigmen warna merah pada bagian atas daun yang berlendir. Serangga yang terperangkap tidak akan bisa keluar, karena begitu serangga menyenggol duri tipis pada daun, saat itu juga daun menutup, sehingga serangga akan mati dan nutrisinya diserap oleh tanaman venus untuk hidup, tumbuh dan berkembang.

Tanaman venus

Tanaman venus

3. Sundew (Drosera)

Sundew adalah salah satu jenis tumbuhan karnivora yang paling banyak  dalam jumlah spesiesnya. Ada sekitar 194 jenis yang tersebar merata di seluruh benua, kecuali Antartika. Daun pada sundew inilah yang berguna untuk menangkap serangga. Pada permukaan atas daun terdapat tentakel kecil lengket yang memiliki aroma dan rasa sehingga memikat serangga. Begitu serangga datang dan menempel maka saat itu juga tentakel yang bisa bergerak akan membuat serangga semakin terjebak dan dihisap sari tubuhnya secara perlahan hingga serangga mati.

Sundew

Sundew

4. Bladderworts (Utricularia)

Salah satu dari tumbuhan karnivora yang memiliki kantung hisap untuk menangkap mangsanya. Tumbuhan ini memiliki kantung kecil dengan rambut sebagai pemikat sehingga hewan kecil seperti protozoa, kutu air atau berudu kecil mendekat. Begitu sensor mendapati ada mangsa mendekat maka tumbuhan akan melakukan mekanisme isapan hingga mangsa masuk dan akhirnya terserap sari tubuhnya untuk makanan.

Bladderworts

Bladderworts

5. California Pitcher Plant (Darlingtonia)

Tanaman ini sering juga disebut dengan Lili Kobra, karena memiliki bentuk mirip ular kobra yang sedang bersiap menyerang. Daun tanaman ini berbentuk tabung yang di dalamnya terdapat banyak sekali bulu halus, berbeda dengan tanaman karnivora yang menggunakan lendir untuk menangkap mangsa, tanaman kobra lili ini hanya membuat serangga yang masuk kebingungan untuk keluar, sehingga serangga akan terus terus masuk dan pada akhirnya tak bisa keluar, kemudian mati dan tumbuhan kobra lili menyerap nutrisinya.

California Pitcher Plant

California Pitcher Plant

6. Corkscrew plant (Gensilea)

Tanaman yang juga disebut tanaman pembuka botol ini terdiri dari 21 jenis yang tersebar luas pada lingkungan basah di Afrika dan bagian tengah Amerika Selatan. Tanaman ini memiliki dua jenis daun. Daun yang berada di atas tanah untuk fotosintesis dan daun di bawah digunakan untuk menarik mikroba yang akhirnya diserap untuk nutrisi. Tanaman ini menggunakan mekanisme penyerapan air untuk membuat mikroba kecil masuk ke dalam tabung perangkap dan tidak bisa keluar lagi.

Corkscrew plan

Corkscrew plan

7. Butterworts (Pinguicula)

Tanaman ini bisa hidup di daerah yang tandus. Kekurangan nutrisi diperoleh dengan menangkap serangga menggunakan kelenjar lengket pada daun. Kelenjar itu mengandung enzim yang mampu menghancurkan serangga dan tumbuhan akan dengan sangat mudah menyerap nutrisinya. Beberapa jenis dari tanaman ini tidak menjadi karnivora pada saat musim dingin, tapi akan kembali jadi tumbuhan pemangsa serangga jika musim panas datang.

Butterworts

Butterworts

8. North American Pitcher (Sarrcenia)

Tanaman asli Amerika Utara ini memiliki daun yang telah termodifikasi menjadi corong besar dengan sebuah tudung di atasnya. Sedikit mirip kantung semar, tapi kantung tanaman ini tidak tumbuh pada ujung daun. Serangga akan datang mendekat karena tertarik dengan warna daun yang merah dan aroma sekresi dari nektar di ujung mulut tabung. Setelah itu serangga akan mendekat dan akhirnya jatuh ke dalam tabung untuk selanjutnya diserap nutrisinya.

North American Pitcher

North American Pitcher

 

Add Comment