Kota-Kota yang Hilang dan Telah Ditemukan

Dahulu kala ada banyak sekali kota-kota kuno yang sudah maju dalam hal tata masyarakat, teknologi hingga kebudayaannya. Kota tersebut telah mampu membangun sebuah peradaban yang hebat di masanya. Akan tetapi banyak di antara kota itu yang akhirnya hilang atau lenyap bisa karena akibat bencana alam yang dahsyat atau sebuah perang. Hingga beberapa ratus atau ribu tahun kemudian para arkeolog menemukan reruntuhan dari kota yang hilang itu dan direkonstruksi ulang untuk dipelajari sejarahnya. Kita lihat betapa menakjubnya kota yang hilang dan pernah ditemukan dan sudah direkontruksi ulang. Dibawah ini beberapa diantaranya:

  1. Machu Picchu

Salah satu kota yang hilang dan paling terkenal di dunia adalah Machu Picchu. Kota ini ditemukan pertama kali pada tahun 1911 oleh seorang sejarawan dari Hawaii bernama Hiram. Machu Picchu ditemukan tersembunyi di atas lembah Urubamba. Machu Picchu mendapat julukan “Lost City of the Incas”. Dilihat dari bawah Machu Picchu tidak terlihat, dikelilingi area persawahan dan air dari sumber alam. Machu Picchu sudah dikenal sejak jaman dahulu kala oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Machu Picchu

Machu Picchu

  1. Angkor

Angkor adalah kota hilang lain yang sangat terkenal di dunia. Angkor adalah kompleks candi yang sangat luas di Kamboja. Candi ini adalah kompleks menakjubkan dari beberapa kota kerajaan Khmer dari abad 9 hingga 15. Kompleks kota Angkor ini mencakup candi terkenal Ankor Wat, salah satu candi terbesar di dunia. Dari perkembangannya, Angkor telah mengalami banyak perubahan, terutama dari segi agama, mulai dari Hindu hingga Budha. Periode terakhir dari dinasti Angkor terakhir terjadi pada tahun 1431, Angkor hancur akibat serangan dari Ayutthaya. Di sekitar Angkor dibiarkan terlantar hanya beberapa bagian dari Angkor Wat yang dipelihara sebagai candi agama Budha.

Angkor

Angkor

  1. Petra

Petra yang dikenal sebagai “rose red city, half as old as time” adalah kota kuno dari kerajaan Navataen. Kota ini sangat unik karena dipahat pada sisi lembah Wadi Musa di bagian selatan Jordania masa dulu oleh bangsa Nabatean. Petra adalah jalur penting pertemuan perdagangan rempah-rempah dan sutra yang menghubungkan China, India dan Bagian selatan Arab dengan Mesir, Yunani dan Roma. Setelah beberapa kali terkena gempa bumi yang kuat, sistem perairan di Petra mulai rusak lalu perlahan-lahan kota ini mulai diabaikan pada abad ke-6. Setelah perang salib Petra benar-benar telah dilupakan dan akhirnya ditemukan oleh seorang penjelajah bernama Ludwig Burckhardt tahun 1812.

Petra

Petra

  1. Pompeii

Pada tanggal 24 Agustus tahun 79, gunung api Vesuvius meletus dan menutupi sebagian kota Pompeii dengan abu dan tanah dan kemudian mengawetkan seluruh isi kota. Semua hal mulai dari peralatan dapur hingga penduduknya dibekukan oleh waktu. Pompeii masih satu masa dengan Herculaneum yang ditelantarkan dan akhirnya dilupakan. Pompeii ditemukan kembali pada abad ke-18. Kota hilang ini masih berisi detail-detail peradaban dari kehidupan dua ribu tahun lalu melalui fosil-fosil manusia yang masih terlihat utuh setelah ribuan tahun terbekukan oleh gunung api yang meletus.

Pompeii

Pompeii

  1. Memphis

Memphis adalah kota utama dari mesir kuno. Kota ini telah memiliki sistem masyarakat yang tertata sejak ribuan tahun lalu. Diperkirakan telah ada sejak 3100 tahun sebelum masehi. Seiring dengan perkembangan jaman, kota Memphis akhirnya ditelantarkan karena semakin majunya Thebes dan Alexandria. Diperkirakan ada sekitar 30.000 penduduk yang mendiami Memphis kala itu. Sehingga mendapat julukan kota kuno terbesar. Kota ini dibiarkan terlantar hingga akhirnya ditemukan lagi untuk yang pertama kali melalui ekspedisi Napoleonic tahun 1700-an. Pada reruntuhan Memphis ditemukan piramida dan juga sphinx, patung singa dengan kepala manusia.

Memphis

Memphis

  1. Troy

Troy menjadi terkenal karena puisi dari Homer. Troy adalah satu kota melegenda yang terletak di Turki. Troy dikenal sebagai letak perang Trojan. Kota ini adalah benteng kokoh dari sebuah kota pada bukit dekat sungai Scamander. Karena letaknya dekat pantai membuat Troy sangat kuat dalam bidang pertahanan laut, juga didukung dengan tanah yang baik untuk bertanam. Troy selama ini hanya sebuah mitos hingga akhirnya ditemukan lagi pada tahun 1870 oleh Heinrich Schliemann. Sekarang Troy merupakan objek wisata yang menarik banyak sekali turis.

Troy

Troy

Add Comment