Pengertian Insomnia atau Susah Tidur

Insomnia adalah suatu gejala kesulitan tidur yang berlangsung secara terus menerus dan bisa berakibat badan kita tidak segar kembali waktu bangun dari tidur dan sangat mengganggu untuk beraktivitas kembali. Insomnia sebagian besar diakibatkan adanya gangguan kesehatan baik secara fisik maupun psikis sehingga diperlukan bantuan medis atau psikologis untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, banyak orang yang salah dengan mengatasi gangguan tidur ini sehingga kebanyakan mereka mengkomsumsi obat tidur atau obat jenis penenang, hal ini sangat tidak dianjurkan karena semua obat jenis ini bisa berakibat ketergantungan dimana tanpa minum obat tidak bisa tidur. Beberapa metode dalam masalah insomnia sudah dilakukan, baik dengan terapi maupun diaksona penyeluruh terhadap kesehatan dan pola hidup.

Beberapa kondisi kesehatan bisa mempengaruhi masalah tidur seperti: Asma, Alergi, gangguan pencernaan, sakit kronis, pengaruh obat yang sedang di komsumsi dan lainnya.

Insomnia yang diakibatkan oleh psikis biasanya dilakukan terapi psikologis atau terapi kognitif dan efektif untuk mendapatkan kembali tidur yang berkualitas, dimana diajarkan tentang cara dan pola tidur yang baik.

Jika kita mengalami kesulitan tidur yang sering, sebaiknya cek kondisi kesehatan kita atau konsultasikan dengan dokter anda untuk mendapatkan solusi terbaik, jangan biarkan berlarut-larut.

Beberapa cara sederhana bisa kita lakukan untuk mengatasi gejala insomnia:

-Kurangi minum kopi saat menjelang tidur minimal 7 jam sebelum tidur jangan minum kopi.

-Lampu kamar tidur jangan terlalu terang , cukup redup saja atau pakai lampu tidur.

-Kurangi merokok, sebab nikotin bisa mengakibatkan kita tidak mengantuk.

-Tiga jam minimal sebelum tidur jangan makan lagi.

-Bila lapar menjelang tidur, makanlah sedikit buah-buahan.

-Hindari komputer dan televisi dalam kamar tidur.

-Tinggalkan semua pikiran yang mengganggu.

-Biasakan tidur pada jam yang sudah ditentukan secara teratur.

-Tidur siang cukup satu jam atau kurang.

No Responses

  1. Pingback: Tips untuk Tidur Nyenyak - KitaCerdas.com October 22, 2016

Add Comment