Pengertian Tentang Makanan

Makanan merupakan suatu bahan yang umumnya berasal dari hewan atau tumbuhan yang dimakan oleh makhluk hidup untuk mendapatkan tenaga dan nutrisi. Bahan makanan manusia umumnya diperoleh dengan bertani, berkebun dan beternak, tapi ada juga kelompok vegetarian yaitu mereka yang hanya memakan dari tumbuhan saja, bahan makanan yang kita makan harus mengandung beberapa unsur mis, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, air, enzim, nutrisi dan lain-lainnya.

Nutrsi

Nutrisi

 

Makanan yang bersumber dari tumbuhan mis, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, rempah-rempah, coklat, jamur dan lain-lainnya.

 

 

Dada Ayam

Dada Ayam

 

Makanan yang bersumber dari hewan mis, daging, ikan, susu, telur, keju dan lain-lain.

 

 

Manusia membutuhkan makanan untuk hidup, beraktivitas, berkembang, dari makanan didapatkan bermacam-macam kandungan protein, gizi, vitamin, lemak atau enzim yang mempunyai fungsinya masing-masing mis, karbohidrar untuk sumber energi beraktivitas, protein untuk pertumbuhan badan dan otak, lemak untuk energi dan cadangan energi maupun vitamin dengan fungsinya masing-masing.

Manusia mengolah makanan dengan mencampur beberapa jenis bahan makanan dengan tujuan supaya makanan mempunyai rasa yang sesuai selara, penampilan yang menarik dan mempunyai kandungan yang sesuai dengan kabutuhan masing-masing tubuh, yang sering disebut resep makanan seperti resep untuk diet, resep untuk orang diabetes, resep untuk ibu hamil dan masih banyak lagi. Kadang resep tercipta berdasarkan daerah, lingkungan dan kebudayaan daerah tertentu sehingga hampir tiap-tiap daerah mempunyai resep yang khas, dengan rasa dan bentuknya masing-masing. Dalam mengolahnya juga bisa bermacam-macam cara baik dipanggang, digoreng, dikukus, diasapi, dioven maupun di rebus.

Add Comment