Tips untuk Tidur Nyenyak

Tidur adalah hal alami yang dilakukan semua makhluk hidup termasuk manusia, normalnya kita tidur antara 6-8 jam setiap malam untuk membuat tubuh kita jadi sehat secara fisik maupun mental. Sayangnya, beberapa dari kita sering tidak bisa tidur dengan nyenyak saat malam, bahkan ada yang sudah menjelang  pagi baru bisa tidur, itu pun tidak tidur dengan nyenyak sehingga membuat kita akan lemas atau merasa kelelahan untuk beraktifitas kembali dengan baik. Ada beberapa tips untuk tidur nyenyak yang dapat kita lakukan agar kualitas tidur kita meningkat dan terbebas dari masalah kesulitan tidur yang berlarut-larut atau insomnia.

1. Kurangi Konsumsi Kopi dan Teh

Jangan mengkonsumsi kopi atau teh yang terlalu larut akan membuat kesadaran kita meningkat, sehingga rasa ngantuk tidak akan kunjung datang, padahal badan kita sudah melakukan banyak aktivitas berat sepanjang hari, sebaiknya minumlah kopi atau teh maksimal 6 jam sebelum kita biasanya tidur. Jika tidur jam-10 malam, berusahalah jangan minum kopi atau teh di atas jam 4 sore.

Teh

Teh

2. Kurangi Tidur Siang

Jangan terbiasa tidur siang terlalu lama, coba kurangi waktunya, cukup setengah jam atau kurang dari satu jam, tidur siang memang diperlukan untuk menyegarkan badan tapi bila terlalu lama akan membuat kita akan terjaga saat malam dan susah tidur dengan cepat dan nyenyak. Jika kita mengantuk saat siang gunakan waktu untuk jalan-jalan dan cari udara segar atau meminum segelas air putih dingin.

3. Olahraga Rutin.

Olahraga rutin sudah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur. Tidak perlu olahraga berat seperti angkat beban di pusat kebugaran, cukup lari beberapa menit atau kita bisa melakukan yoga dan olahraga sejenisnya yang membantu menenangkan pikiran kita.

Olahraga

Olahraga

4. Jangan Makan Banyak Jelang Tidur.

Makan banyak menjelang tidur akan membebani sistem pencernaan yang membuat kualitas tidur kita menurun. Jika kita lapar makan dapat mengkonsumsi berbagi jenis produk susu atau memakan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan dan sayur.

5. Hindari Alkohol

Efek menenangkan dari alkohol memang akan membuat kita cepat mengantuk dan tidur, akan tetapi juga membuat kita sering terbangun tengah malam dan membuat kualitas tidur kita jadi menurun, bukan kesegaran yang kitaq dapatkan sebaliknya badan menjadi lemas disaat bangun tidur, cobalah minum segelas coklat hangat akan membantu kita tidur lebih nyenyak.

Minuman beralkohol

Minuman beralkohol

6. Jauhkan Perangkat Elektronik.

Menurut penelitian telepon seluler atau laptop memancarkan gelombang yang akan mengganggu syaraf kita saat tidur, sehingga walaupun kita tidur syaraf kita tetap bekerja dan tidak pernah istirahat, selain itu kita akan terlalu asyik dengan perangkat itu dan melupakan jam tidur, pada akhirnya kuantitas jam tidur kita menurun dan akan sangat mengganggu kesehatan.

7. Gunakan Lampu Tidur

Dua hingga tiga jam menjelang tidur turunkan penerangan atau gunakan lampu tidur. Suasana yang redup akan membuat kita jadi tenang, tubuh akan mulai beristirahat baik secara fisik maupun mental, dengan lampu yang redup akan membuat otak segera memproduksi melatonin, hormon yang membawa kita tidur.

Lampu tidur

Lampu tidur

8. Matikan Alat Musik atau Yang Bersuara

Kegaduhan dalam bentuk apa saja kadang akan membuat kita susah tidur dengan nyenyak, telinga kita yang sensitif terhadap bunyi akan membuat kita terbangun jika mendengar sesuatu yang keras.

9. Berhenti Merokok

Sama halnya dengan kafein, nikotin dalam rokok juga akan membuat kita jadi terjaga dan menghambat tubuh mendapat rasa kantuk untuk beristirahat. Jika menjadi kebiasaan maka tubuh bisa mengalami insomnia, menjelang tidur kurangi rokok secara perlahan-lahan atau bila perlu berhenti sama sekali.

Berhenti merokok

Berhenti merokok

10. Membuat Jadwal Tidur

Kita bisa membuat jadwal tidur agar tubuh terbiasa dengan waktu tidur alami, misalnya kita tidur jam 10 malam dan bangun jam 5 Pagi, dengan beberapa kali kita membiasakan tidur sesuai jadwal maka tubuh akan beradaptasi dan begitu mendekati jam 10 malam tubuh akan otomatis memberi sinyal agar kita segera tidur.

 

 

No Responses

Add Comment