Nutrisi Makro dan Mikro

Setiap hari tubuh kita memerlukan energi agar semua organ tubuh dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Energi ini didapatkan dari mengkonsumsi makanan serta suplemen atau vitamin penunjang makanan, dalam hal ini disebut nutrisi. Nutrisi untuk tubuh dibagi menjadi dua bagian berdasar tingkat prioritas dan bentuk molekulnya. Pertama adalah nutrisi makro (macro nutrition), dan yang kedua disebut nutrisi mikro (micro nutrition). Dari nutrisi makro kita akan mendapat energi untuk melakukan segala aktivitas, sedangkan nutrisi mikro untuk mencukupi kebutuhan komposisi tubuh.

Kita Cerdas telah merangkum jenis-jenis nutrisi makro dan mikro. Dengan mengetahui jenis nutrisi maka kita bisa menentukan komposi makanan apa saja yang akan kita komsumsi, beserta tingkat kandungannya. Mari kita simak bersama-sama.

Nutrsi

Sumber Nutrisi

Nutrisi Makro (Macro Nutrition)

Nutrisi Makro adalah nutrisi yang menyediakan kalori atau energi bagi tubuh kita. Nutrisi adalah unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan badan, metabolisme tubuh dan juga fungsi tubuh. Makro nutrisi dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tubuh kita, dan kita dapat mencukupi semuanya dari makanan. Yang tergolong nutrisi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak.

Dari setiap jenis mengandung kalori yang berbeda-beda, kalori yang terkandung dalam setiap komponen bervariasi.

  • Karbohidrat mengandung 4 kalori per gram.
  • Protein mengandung 4 kalori per gram.
  • Lemak mengandung 9 kalori per gram.

Sebagai contoh jika kita melihat tabel nutrisi pada sebuah produk dan tertulis 6 gram protein. Artinya makanan ini mengandung 24 kalori (6×4 kalori).

Karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi makro yang dibutuhkan dalam jumlah terbesar oleh tubuh kita. Berdasarkan USDA, tubuh kita membutuhkan sekitar 45-65% dari total kebutuhan nutrisi harian dari karbohidrat. Kita membutuhkan karbohidrat dalam jumlah besar karena karbohidrat adalah sumber utama dari bahan bakar tubuh. Karbohidrat sangat mudah digunakan oleh tubuh sebagai energi. Seluruh lapisan tipis dan sel tubuh dapat menggunakan glukosa dari karbohidrat sebagai energi. Karbohidrat diperlukan oleh pusat saraf, otak dan juga otot.

Karbohidrat banyak sekali ditemukan di makanan berpati seperti beras, gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran, biji-bijian dan juga buah. Gula dapur yang sering kita gunakan juga termasuk dalam kategori karbohidrat.

Sumber karbohidrat

Sumber Karbohidrat

Protein

Berdasarkan USDA, tubuh kita membutuhkan sekitar 10-35% sumber kalori harian berasal dari protein. Protein adalah sumber utama kedua setelah karbohidrat karena memiliki peran penting bagi tubuh di antaranya adalah untuk pertumbuhan terutama saat masih anak-anak, remaja maupun untuk ibu hamil. Protein berguna untuk memperbaiki sel otot, bahkan membantu dalam hal pembelahan otot sehingga otot kita bisa semakin besar dan bebas lemak. Selain itu dengan mengkonsumsi banyak protein fungsi imunitas tubuh kita akan meningkat.

Protein banyak sekali ditemukan pada daging merah, ikan, susu, kacang-kacangan, dan beberapa tumbuhan walau dalam jumalh yang kecil. Sebenarnya tubuh kita dapat membuat protein sendiri dalam bentuk asam amino nonesensial tapi tidak akan cukup sehingga kita butuh asam amino esensial yang akan kita cukupi dengan mengkonsumsi protein hewani.

Sumber Protein

Sumber Protein

Lemak

Lemak memiliki reputasi yang sangat buruk karena dapat menyebabkan berat badan naik, namun beberapa lemak adalah esensial yang digunakan tubuh untuk bertahan hidup. Berdasar USDA, tubuh kita membutuhkan lemak sekitar 20-35% dari total kalori harian. Kita membutuhkan lemak karena lemak digunakan untuk pertumbuhan badan, energi (karena molekul lemak mengandung energi dua kali lebih banyak dari protein dan karbohidrat), lemak dapat membantu penyerapan vitamin seperti vitamin A, D, E, K dan juga carotenoids.

Sumber lemak yang paling baik berasal dari minyak zaitun, avokad, kacang-kacangan dan minyak canola.

Kita perlu mengatur asupan makanan yang mengandung lemak, agar terhindar dari resiko penyakit jantung, sebab akibat banyaknya lemak yang tersimpan dalam tubuh berpotensi terserang penyakit jantung.

Sumber Lemak

Sumber Lemak

Nutrisi Mikro (Micro Nutrition)

Nutrisi mikro adalah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang kecil untuk membantu tubuh dalam mencukupi kebutuhan hariannya. Dalam sehari setiap orang membutuhkan sekitar 100 miligram nutrisi mikro. Yang termasuk dalam nutrisi ini adalah zat besi, magnesium, garam, vitamin, dan masih banyak lagi.

Kita dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh ini dari makanan dan juga suplemen. Sebagian besar makanan terutama sayuran dan daging sudah mengandung mikro nutrisi ini dengan jumlah yang seimbang sehingga kita bisa sedikit mengabaikannya meski terkadang kekurangan beberapa nutrisi mikro ini akan membuat tubuh jadi lemah. Namun yang paling diutamakan adalah kebutuhan nutrisi makro kita.

Dan yang tak kalah penting lagi dalam kebutuhan harian kita adalah air. Dalam air banyak terdapat nutrisi yang dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi dan penyusutan organ tubuh karena kurangnya asupan air.

 

Add Comment