Puncak-Puncak Tertinggi di Dunia

Bumi adalah sebuah daratan yang memiliki penampang alam yang beraneka ragam. Mulai dari padang pasir, lautan, hutan, gunung, hingga sebuah benua es. Di seluruh dunia ini memiliki tempat-tempat yang luar biasa tinggi, bahkan di sana suhunya sangat dingin hingga es tidak akan bisa mencair. Puncak-puncak tertinggi di dunia tersebut biasanya berupa gunung yang sulit dijangkau, tapi beberapa orang telah mampu berhasil mencapai puncak-puncak tertinggi di dunia itu, bahkan mencetak rekor. Kita Cerdas sudah merangkum beberapa puncak-puncak tertinggi di dunia yang wajib kita tahu.

Mendaki Gunung

Mendaki Gunung

Puncak tertinggi di dunia (Gunung Everest)

Puncak tertinggi di dunia dan satu-satunya paling tinggi di bumi ini adalah puncak pada Gunung Everest atau Qomolangma. Titik tertinggi pada gunung ini adalah 8.848 meter dari permukaan air laut. Gunung Everest terletak di pegunungan Himalaya. Perbatasan antara China dan Nepal tepat melintasi puncak tertinggi gunung. Orang pertama yang sudah mencapai puncak tertinggi adalah Jim Whitteker dari Amerika Serikat yang berhasil menancapkan kakinya pada tahun 1963. Gunung ini menjadi ikon pemanjatan dunia dengan tingkat kesulitan tinggi.

Puncak Tertinggi di Dunia (Gunung Everest)

Puncak Tertinggi di Dunia (Gunung Everest)

Gunung Aconcagua

Gunung Aconcagua adalah gunung tertinggi pada benua Amerika. Gunung ini memiliki ketinggian 6.960 meter dari permukaan air laut. Gunung ini memiliki puncak yang selalu ditutupi oleh salju abadi sehingga nampak putih pada puncak. Gunung Aconcagua terletak di pegunungan Andes pada provinsi Mendosa negara Argentina.

Gunung Aconcagua

Gunung Aconcagua

Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro memiliki tiga puncak kubah yang dinamai Kibo, Mawenzi, dan Shira. Gunung ini adalah puncak paling tinggi di benua Afrika, letaknya tepat pada negara Tanzania. Ketinggian Gunung Kilimanjaro adalah 5.895 meter dari permukaan air laut. Gunung ini juga termasuk puncak paling diminati di dunia karena terletak di tengah taman nasional yang menyajikan pemandangan mengagumkan.

Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro

Puncak Jaya

Nama internasional dari Puncak Jaya adalah Piramida Carstensz. Adalah gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di pegunungan Sudirman Papua, Indonesia. Puncak tertinggi dari Puncak Jaya adalah 4.884 meter dari permukaan air laut.

Puncak Jaya

Puncak Jaya

Gunung Elbrus

Gunung Elbrus terletak di pegunungan kaukasia sebelah barat. Tepatnya pada negara Rusia dan berbatasan langsung dengan Georgia. Gunung ini adalah puncak tertinggi di dataran Rusia dengan ketinggian mencapai 4.741 meter dari permukaan air laut.

Gunung Elbrus

Gunung Elbrus

Gunung Mont Blanc

Gunung Mont Blac atau Monte Blanco memiliki arti Gunung Putih dalam bahas Italia. Gunung ini adalah puncak tertinggi di pegunungan Alpen, Eropa Barat dan Persatuan Eropa. Gunung ini memiliki ketinggian 4.810 meter dari permukaan air laut.

Gunung Mont Blanc

Gunung Mont Blanc

Gunung Mauna Kea

Gunung Mauna adalah gunung tertinggi di pulau Hawaii, Amerika Serikat. Terletak di tengah pulau dengan memiliki ketinggian 4,207 meter dari permukaan air laut.

Gunung Mauna Kea

Gunung Mauna Kea

Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu terletak di tengah pulau Kalimantan, tepatnya di Malaysia bagian timur pada negara bagian Sabah. Gunung ini masuk dalam kawasan taman nasional dan juga situs warisan budaya dunia. Gunung Kinabalu memiliki ketinggian 4.095 meter dari permukaan air laut.

Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu

Gunung K2

Gunung K2 adalah gunung kedua tertinggi di dunia setelah Gunung Everest. Gunung ini terletak di perbatasan antara Pakistan dan China. Gunung ini juga dikenal dengan Savage Mountain karena sulitnya pendakian dan kemiringan gunung. Dari empat yang mencoba naik gunung ini satu dia antaranya dipastikan meninggal dunia. Karena bahayanya maka gunung ini jarang didaki saat musim dingin.

Gunung K2

Gunung K2

Add Comment