Hewan Langka Dilindungi yang Kita Perlu Tahu

Indonesia dikenal dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Aneka jenis flora dan fauna banyak sekali mendiami mulai dari hutan-hutan tropis hingga pantai dan padang rumput. Di antara hewan ini ada yang mulai punah karena tingkat reproduksinya yang sangat rendah, juga karena perburuan dan kerusakan lingkungan. Pemerintah mulai sadar jika keadaan ini terus dibiarkan maka bukan tidak mungkin jika pada masa yang akan datang akan banyak sekali hewan yang betul-betul punah dan tidak ditemukan satu pun yang yang tertinggal dari jenisnya, jika hewan langka yang masih tersisa tidak dilindungi dan ditangani dengan baik.

Oleh karena itu pemerintah telah mengeluarkan sebuah undang-undang perlindungan hewan langka untuk supaya orang tidak memburu atau memperdagangkan, dibawah ini beberapa hewan langka dilindungi yang masuk dalam daftar hewan yang hampir punah di Indonesia.

Beberapa hewan langka yang dilindungi.

Rusa dan Menjangan (Cervus spp.) dan Kancil

Rusa khas indonesia ada empat jenis di antaranya Kijang (Muntiacus muntjak), Rusa Sambar (Cervus unicolor), Rusa Timor (Cervus timorensis), dan Rusa Bawean (Axis kuhli). Rusa ini dilindungi karena spesiesnya yang mulai habis karena perburuan. Banyak sekali penangkaran-penangkaran rusa di Indonesia yang bertujuan untuk terus membuat rusa jenis-jenis ini bertambah. Selain itu segala jenis dari kancil dilindungi dan tidak boleh diburu serta dijual-belikan.

Hewan langka. Rusa Timor

Hewan langka. Rusa Timor

Kancil, termasuk hewan langka

Kancil, termasuk hewan langka

Paus dan Lumba-lumba (Cetacea, Dolphinida, Ziphiidae)

Paus dan Lumba-lumba dilindungi karena jumlahnya mulai turun. Selain itu pemerintah atau lembaga pemerhati akan sulit melindungi dan memantau hewan ini karena letaknya di kedalaman laut lepas. Budaya berburu di beberapa daerah membuat paus atau lumba-lumba semakin berkurang, selain itu juga karena tertangkap oleh jaring nelayan baik sengaja maupun tidak. Paus dan Lumba-lumba yang dilindungi antara lain Paus bryde kerdil, Paus Gembala Laut, Lumba-lumba Abu-abu, dan Paus Pembunuh Kerdil.

Lumba-Lumba

Lumba-Lumba

Kanguru Pohon (Dendrolagus spp.)

Jenis kanguru pohon banyak sekali terdapat di hutan-hutan Papua. Spesies ini sangat endemi sehingga dipertahankan agar tidak sampai punah. Jenis kanguru pohon yang dilindungi oleh pemerintah antara lain Kanguru Pohon Goodfellow, Kanguru Pohon Wakera, Kanguru Pohon Mantel Emas, Seri’s Tree-kangaroo, dan Kanguru Pohon Nemena.

Kanguru Pohon

Kanguru Pohon

Owa (Hylobatidae)

Owa adalah salah satu jenis kera dengan warna rambut cenderung gelap. Di Indonesia ada beberapa jenis owa yang terancam punah. Salah satunya yang paling terkenal adalah Owa Jawa (Hylobates moloch). Di Indonesia, bahkan seluruh dunia hanya terdapat sekitar 1000 ekor owa jawa. Owa ini banyak tersebar di hutan-hutan Jawa Barat. Segala jenis Owa dilindungi di Indonesia karena populasinya yang semakin menurun karena perburuan dan perusakan hutan. Owa betina hanya melahirkan sekali dalam 2-3 tahun, hal ini menambah buruk proses penambahan populasi Owa.

Owa Jawa

Owa Jawa

Kuskus (Phalanger spp.)

Kukus adalah salah satu mamalia berkantung seperti kanguru. Hewan ini akan melahirkan anak dalam ukuran kecil dan merawatnya dalam kantong pada bagian depan tubuhnya. Hewan ini endemi Sulawesi dan semakin punah keberadaannya. Kuskus adalah hewan yang menggunakan ekornya untuk menggantung dan membantunya untuk memanjat dari satu dahan ke dahan lain. Beberapa jenis kuskus yang dilindungi pemerintah antara lain Kuskus Gunung, Kuskus Mata Biru, Kuskus Sutera dan Kuskus Tanah.

Kuskus

Kuskus

Tarsius (Tarsius spp.)

Tarsius adalah sejenis primata kecil yang hanya muncul dan beraktivitas saat malam. Mata dari tarsius berbentuk bulat besar yang membantunya dalam melihat. Di dunia spesies tarsius terbanyak berada di Sulawesi dan sekitarnya. Tarsius termasuk hewan endemi yang tidak ditemukan di wilayah lain. Di Indonesia sendiri semua spesies tarsius dimasukkan ke dalam hewan yang dilindungi karena rawan punah. Jenis-jenis tarsius itu antara lain: Tarsius Pigmy, Tarsius Peleng, dan Tarsius Lariang.

Tarsius

Tarsius

Add Comment